Gerakan Orang Tua Asuh (GNOTA)

gnotaGerakan Orang Tua Asuh adalah gerakan kepedulian sosial untuk menjamin keberlangsungan pendidikan anak-anak yatim dan pelajar dari keluarga kurang mampu (dhuafa) melalui pola pengasuhan. Pola pengasuhan dalam program ini diartikan sebagai pemberian jaminan biaya pendidikan bagi anak-anak yatim dan pelajar dari keluarga kurang mampu (dhuafa) sekaligus membangun “ikatan kasih sayang” antara anak asuh dan orang tua asuh melalui berbagai saluran komunikasi secara intensif. Gerakan Orang Tua Asuh adalah sinergi program antara Yayasan Wihdatul Ummah dan Donatur untuk menjembatani masyarakat dalam menyalurkan kepedulian sosial secara efektif dan tepat sasaran.

Rencana Pelaksanaan

  1. Sasaran pemberian beasiswa adalah para siswa yang memiliki kemampuan ekonomi lemah dengan jenjang mulai SD sampai SMU.
  2. Mekanisme penyaluran dana kepada calon anak asuh dilakukan melalui wali dari anak yang bersangkutan dengan dikoordinir oleh penanggungjawab permohonan ini Yayasan Wihdatul Ummah.
  3. Jangka waktu keikutsertaan dalam Gerakan Orang Tua Asuh paling pendek adalah satu tahun dan setelahnya akan ditawarkan kembali.
  4. Pengundurkan diri dari keikutsertaan program dengan jangka waktu yang tidak ditentukan oleh pihak Yayasan Wihdatul Ummah.

Evaluasi dan Monitoring

Dalam memantau perkembangan anak asuh akan dilakukan beberapa program, antara lain :

  1. Kegiatan mentoring ke-Islam-an yang terintegrasi dengan kegiatan tahsin/ membaca Al-Qur’an dan tahfidz/hafalan Al-Qur’an dilaksanakan satu minggu satu kali.
  2. Kegiatan MABIT/I’tikaf di Masjid yang terintegrasi dengan kegiatan tahsin/ membaca Al-Qur’an dan tahfidz/hafalan Al-Qur’an yang dilaksanakan setiap dua bulan satu kali.
  3. Kegiatan pengembangan diri, motivasi, organisasi dan kepemimpinan yang dilaksanakan setiap tiga bulan satu kali.
  4. Kegiatan untuk kedua orang tua anak asuh adalah pertemuan/pengajian orang tua anak asuh setiap satu bulan satu kali.

Paket Donasi

1 anak asuh selama 1 tahun sebesar     Rp. 1.800.000,- (Donasi dapat diberikan tiap bulan sebesar Rp. 150.000,-)

Donasi tersebut diperuntukan untuk :

  1. Beasiswa selama 1 tahun
  2. Pembinaan (Evaluasi dan Monitoring)

Kegiatan program anak asuh akan dilaporkan secara bertahap kepada para Orang Tua Asuh setiap triwulan