Menerima dan Menyalurkan Hewan Qurban Iedul Adha 1438 H

Yayasan Wihdatul Ummah Menerima dan Menyalurkan Hewan Qurban Iedul Adha 1438 H.

Sesungguhnya bukan darah dan daging qurban itu yang sampai kepada Allah SWT, tetapi ketaqwaanmulah..

DASAR KEGIATAN

Hari Idul Adha merupakan puncak dari ibadah haji. Hari ini dirayakan tidak hanya oleh umat muslim yang sedang menunaikan ibadah haji di tanah suci Makkah Al-Mukaromah, tetapi juga dirayakan dengan penuh suka cita oleh umat muslim di seluruh dunia. Hari raya ini disebut juga Hari Raya Qurban, dimana pada hari itu bagi setiap hamba-Nya yang mampu dianjurkan untuk menunaikan kewajibannya menyembelih hewan qurban.

“Dan bagi tiap-tiap umat telah kami syari’atkan penyembelihan (Qurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah diriskikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah).” (QS. Al Hajj : 34)

”Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu ni’mat yang banyak, maka dirikanlah sholat karena Tuhanmu dan ber-kurban-lah.” (QS. Al Kautsar : 1-2)

Ibadah Qurban juga memiliki keutamaan yaitu pengampunan dan keridhaan dari Allah SWT. Amalan yang paling dicintai Allah pada hari raya Idul Adha adalah menyembelih hewan qurban. Sebagaimana disabdakan oleh Rasulullah SAW:

“Tidak ada satu amalan yang paling dicintai Allah dari bani Adam ketika hari raya Iedul Adha selain menyembelih hewan qurban. Sesungguhnya hewan qurban itu kelak pada hari kiamat akan datang beserta tanduk-tanduknya, bulu-bulunya dan kuku-kukunya. Dan sesungguhnya sebelum darah qurban itu menyentuh tanah,ia (pahalanya) telah diterima di sisi Allah, maka beruntunglah kalian semua dengan (pahala) qurban itu.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majjah dan Hakim)

“Barang siapa yang memiliki kelapangan (kecukupan harta) tetapi ia tidak berqurban, maka jangan sekali-kali mendekati tempat shalat Kami.” (HR Hakim dari Abu Hurairah)

TUJUAN KEGIATAN
  • Meneladani Nabi Ibrahim AS.
  • Menumbuhkan kesadaran dan peran serta ummat Islam dalam upaya mengembangkan kecintaan kepada sesama, dalam perwujudan takwa kepada Allah.
  • Memperkokoh jalinan silaturahim dalam upaya menopang ukhuwah islamiyah di antara pengurus Yayasan Wihdatul Ummah dengan masyarakat sekitar.
SASARAN KEGIATAN

Masyarakat sekitar kecamatan Jagakarsa, Anak Yatim dan Dhuafa binaan Yayasan Wihdatul Ummah, dari yang sudah kami data untuk Anak Yatim dan Dhuafa saja sebanyak 150 orang.

CARA ANDA MENYALURKAN HEWAN QURBAN

Penyaluran Hewan Quran dari Anda bisa dilakukan dengan cara :

  • Dijemput
  • Diantar
  • Transfer via bank

Bank Syariah Mandiri (BSM) No. Rekening 701.002.334.8
Bank Central Asia (BCA) No. Rekening 733.041.2008
Bank Mandiri No. Rekening 127.000.3070.602
Semua Rekening Atas Nama Yayasan Wihdatul Ummah

KONTAK PERSON

Jika Bapak/Ibu sudah melakukan transfer, Mohon berikan informasi lengkap kepada salah satu Pengurus Yayasan Wihdatul Ummah.
Bpk. Kemas  Hp. 085780938988
Bpk. Rusli     Hp. 081294463881

WAKTU DAN TEMPAT QURBAN

Insya Allah Pelaksanaan kegiatan Qurban ini akan diadakan pada tanggal 2 September 2017 (11 Dzulhijah 1438 H) dan tempat pelaksanaan kegiatan akan dilaksanakan di halaman Yayasan Wihdatul Ummah, Kelurahan Srengseng Sawah, kecamatan Jagakarsa, Jak-Sel.

TARGET PEROLEHAN HEWAN QURBAN

Target Perolehan Hewan Quran untuk tahun 1438 H saat ini adalah 6 ekor sapi dan 12 ekor kambing.

KETENTUAN HEWAN QURBAN

Satu penyertaan qurban senilai dengan harga satu kambing, yang kami perkirakan besarnya adalah.
Kambing Tipe A berat 15-20 Kg Rp 2.000.000,-
Kambing Tipe B berat 20-25 Kg Rp 2.300.000,-
Kambing Tipe C berat 25-30 Kg Rp 2.600.000,-
Kambing Tipe D berat 30-35 Kg Rp 2.900.000,-
Kambing Tipe E berat 35-40 Kg Rp 3.200.000,-

Setiap tujuh penyertaan akan dibulatkan menjadi satu ekor Sapi, dengan perkiraan harga.
Sapi Tipe A berat kisaran 200 kg Rp 17.500.000,-
Sapi Tipe B berat kisaran 250 kg Rp 19.000.000,-
Sapi Tipe C berat kisaran 300 kg Rp 20.500.000,-

PENUTUP

Dengan tulus ikhlas semata-mata hanya mengharapkan ridho dari Allah SWT, kami mengetuk hati Bapak/Ibu sekalian, kaum muslimin dan muslimat untuk mengambil kesempatan emas ini, yaitu momen Hari Raya Idul Adha, Hari Raya Qurban ini untuk menyisihkan sebagian dari rezki dan nikmat yang telah Allah anugrahkan kepada Bapak/Ibu untuk dibagikan kepada saudara-saudara kita semua, yang membutuhkannya.

Renungkanlah lagi firman Allah SWT yang kami kutip dari ayat-ayat suci Al-Qur’an di atas dan juga firman Allah berikut ini:

“Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah nikmat kepadamu, dan jika kamu mengingkari nikmat-Ku, maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”. Qs. Ibrahim (14) ayat 7.

Terima kasih. Jazakumullahu khairon katsiro.

Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakatuh,